Minggu, 27 Mei 2012

Space Vector Modulation = Modulasi Vektor Ruang (SVM)


30 Apr
Kalau mendengar kata-kata “modulasi”, boleh jadi kita akan terbawa pada bidang Telekomunikasi karena disana memang dipelajari Modulasi Amplitudo, Modulasi Frekuensi dan Modulasi Phase.
Namun modulasi yang satu ini, adalah jenis modulasi yang dipopulerkan di bidang Power Electronics. Sistem modulasi SVM ini banyak dikembangkan untuk kepentingan switching baik itu pada sistem inverter (DC-AC) maupun rectifier (DC-DC).
Teknik modulasi SVM adalah jenis modulasi lembar pulsa (PWM) yang sampai saat ini diketahui paling baik. Teknik SVM akan dapat mengoptimalkan 15% lebih baik DC supply dan dengan harmonik yang lebih rendah dibanding teknik modulasi Sinusoida PWM (SPWM).
Untuk lebih meningkatkan performance-nya ada banyak penelitian untuk mengoptimalkan mekanisme penentuan sektor dan perhitungan firing time dan konversinya ke sinyal switching baik itu untuk implementasi dengan mikrokontroler, Digital Signal Processor (DSPI dan Field Programmbale Gate Array (FPGA). Saat ini juga banyak dikembangan modulasi SVM ini untuk sistem multilevel dan multiphase. Kehebatan sistem SVM pada sistem multilevel atau sistem multiphase dengan metode Fractal dan Matriks Konverter sulit ditandingi sistem modulasi lanjut lainya, baik itu modulasi trapezoidal, modulasi staircase, modified SPWM, dll.
Karena begitu powerful-nya, teknik SVM ini banyak diteliti dan dikembangkan pada sistem kendali skalar (v/f) dan juga sistem kendali vektor (Field Oriented Control (FOC) dan Direct Torque Control (DTC)). Banyak aplikasi sistem kendali di bidang militer, transportasi air, udara dan darat, robotic dll untuk kepentingan power electronics dan electric drives menggunakan sistem modulasi SVM ini.

Sumber: http://blog.uad.ac.id/tole/2009/04/space-vector-modulation-modulasi-vektor-ruang-svm/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar