Minggu, 06 Mei 2012

Modulasi dalam Telekomunikasi

Anda tau bagaimana handphone anda berkomunikasi? Bagaimana suara anda itu bisa di dengar oleh lawan bicara anda?
Dalam teknik telekomunikasi, sinya analog(suara anda) diubah menjadi sinyal digital. Sinyal tersebut dimodulasikan dan dibawa ke tempat/handphone tujuan anda dan didemodulasi sehingga lawan bicara anda dapat mendengar suara anda di handphonnya.
Begitulah gambaran sederhara dari proses pengiriman informasi (suara anda).

Pada bagian ini, saya akan lebih berfokus pada proses modulasi. Proses modulasi itu ada di bagi menjadi dua jenis. Yang pertama adalah modulasi analog dan yang kedua adalah modulasi digital.

Sebelumnya, apa sebenarnya modulasi itu??
Modulasi itu adalah proses penumpangan sinyal informasi (ex: suara anda) ke sinyal pembawa (carrier). Analoginya adalah, untuk pergi ke bulan, anda membutuhkan pesawat luar angkasa ke sana. Pesawat luar anggkasa itulah carrier-nya, anda adalah sinyal informasinya, dan proses anda naik ke pesawat itulah yang disebut dengan modulasi.
Tanpa adanya modulasi, informasi tidak akan terkirim. Hal tersebut karena untuk mengirimkan suatu sinyal pada jarak tertentu, di perlukan frekuensi yang tinggi. Semakin tinggi frekuensinya maka semakin jauh jangkauan antarnya. Oleh karena itu, diperlukan lah carrier dengan frekuensi yang jauh lebih tinggi daripada frekuensi sinyal informasi.

Ada dua maca modulasi analog yang sering kita jumpai, terutama bagi anda-anda yang senang mendengarkan radio.
Yang pertama adalah amplitud modulation (AM) : pada modulasi ini, besarnya amplitudo sinyal informasi mempengaruhi besarnya amplitudo dari carrier, tanpa mempengaruhi besarnya frekuensi carrier.
Dalam AM ada istilah index modulasi (m). Index modulasi ini menggambarkan kondisi dan kualitas signal yang sudah dimodulasi.

m = Vs/Vc ,

Vs=amplitud maks dari sinyal informasi
Vc=amplitud maks dari sinyal carrier

Ketika m>1 maka akan terjadi yang namanya overmodulation. Hal ini menyebabkan terjadinya penyimpangan informasi.

Yang kedua adalah frekuensi modulation (FM) : pada modulasi ini, besarnya amplitudo sunyal informasi mempengaruhi besarnya frekuensi dari carrier, tanpa mempengaruhi besarnya amplitudo carrier.
  Sumber: http://rahmatbuyunghardi.blogspot.com/2009/02/modulasi-dalam-telekomunikasi.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar