Minggu, 06 Mei 2012

Perbandingan Kinerja Modulasi Adaptif Dan Modulasi QPSK Pada Sistem MC-CDMA

Edisi : Volume 12 No. 2, Agustus 2011
Oleh : Achmad Ansori ( Jurusan Teknik Elektro-FTI, Institut Teknologi Sepuluh Nopember )
Jumlah pembaca : 88

Abstraksi :

Abstrak
Teknologi layanan nirkabel mengalami perkembangan yang sangat cepat sehingga dibutuhkan teknik modulasi yang dapat mendukung perkembangan tersebut. Berdasarkan pada sebuah penggabungan dari teknik CDMA dan OFDM, MC-CDMA tampaknya menjadi teknik Multiple Access yang mampu mendukung pelayanan multimedia di masa yang akan datang. Sedangkan untuk menghasilkan kinerja sistem yang lebih baik pada MC-CDMA dapat dilakukan dengan cara memilih modulasi yang digunakan berdasarkan pada kondisi kanalnya. Proses ini dikenal sebagai modulasi adaptif.
Pada penelitian ini, dibahas penggunaan modulasi adaptif pada sistem MC-CDMA. Metode ini dibuat untuk membandingkan sistem MC-CDMA yang menggunakan modulasi adaptif dengan sistem MC-CDMA yang menggunakan modulasi QPSK.
Dari simulasi diketahui bahwa keunggulan sistem MC-CDMA menggunakan modulasi adaptif dapat meningkatkan unjuk kerja sistem. Hal ini dapat dilihat dari nilai BER (Bit Error Rate) untuk modulasi adaptif lebih baik daripada sistem yang menggunakan modulasi QPSK.

Keyword: Modulasi adaptif, MC-CDMA.

Download:
Abstraksi: [ pdf ] [ doc ] [ ps ] 


Sumber: http://teknika.jurnal.unesa.ac.id/90_654/perbandingan-kinerja-modulasi-adaptif-dan-modulasi-qpsk-pada-sistem-mccdma

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar